Langsung ke konten utama

MAKROMEDIA FLASH (Cara membuat animasi dari aplikasi macromedia flash)

Macromedia Flash 8

Animasi adalah sebuah gambar yang bisa begerak yang terbuat dari beberapa kumpulan objek (gambar) dengan waktu jeda tertentu. Animasi biasanya dalam format GIF (Graphic Interchange Format). Untuk membuat animasi gambar bergerak dengan format GIF banyak sekali software yang bisa kita gunakan diantaranya yaitu Macromedia Flash 8, Vectorian Giotto, PhotoScape, PhotoShop dan lain-lain. Dalam tutorial ini saya menggunakan software Macromedia Flash 8. Jika belum punya software ini silahkan download dulu lalu install. Biasanya kalau software yang free akan aktif selama 30 hari. Jadi tidak ada salahnya kita pakai yang free dulu kalau sekedar ingin belajar atau mencoba. Sekarang mari kita membuat sebuah animasi menggunakan software Macromedia 8. Disini saya akan membuat sebuah mobil sedang berjalan seperti contoh dibawah ini.
Cara Mudah Membuat Animasi Dengan Macromedia Flash 8: 
1. Buka aplikasi Macromedia Flash 8, pilih Flash Document. Akan terbuka lembaran baru, lembaran ini disebut Layer 1.
2. Sekarang saya akan membuat animasi mobil berjalan berarti perlu membuat 2 buah gambar yaitu Mobil dan Roda Depan.
3. Buat gambar mobil dengan menggunakan tool yang berada dibagian sebelah kiri, setelah selesai berarti gambar mobil ini secara otomatis akan berada pada layer 1.
4. Lalu tambahkan layer 2 untuk membuat roda depan dengan cara, klik Insert Layer kemudian buat gambar roda depan.
5. Jika sudah, pasang Roda Depan dengan menyeretnya kebawah mobil dan warnai mobildengan Paint Bucket Tool (K) yang berada pada bilah bagian kiri.
6. Pada layer 2 tekan F8 maka muncul kotak Conver to Symbol tekan Ok.
7. Ulangi langkah nomor 6 satu kali lagi. Jika sudah, sekarang buat roda mobil bisa berputar dengan cara doble klik pada Roda Depanlalu tarik titik yang berada dibawah angka satu ke angka 20.

8. Klik kanan area yang diblok tadi, pilih Insert Keyrame
Atur kotak Properties (lihat pengaturan pada gambar dibawah).
Jika sudah kembali ke Scene 1

9. Langkah selanjutnya tambahkan layer 3 untuk Roda Belakang, klik Inser Layer.
10. Copy Roda Depan dengan cara klik layer 2 dan Klik layer 3 untuk paste Roda Belakang. 
11. Selanjutnya rubah juga mobil ke Movie Clip dengan cara, pada layer 1 tekan F8 kemudian Ok.
12. Sekarang kita akan membuat jalan. Terlebih dahulu geser mobil kekiri, lalu tambahkanLayer 4 dengan cara klik Insert Layer. Buat jalan dengan menggunakan Line Tool(N). Jika sudah letakan posisi layer 4 dibagian paling bawah.
13. Selanjutnya, buat Keyframe dengan menarik semua titik yang berada dibawah angka 1 ke angka 80. 
14. Klik kanan yang di blog pilih Insert Keyframe. Sekarang lepas blok layer 4. Seret mobil ke kiri. 
15. Klik pada area yang di blok, pilih Create Motion Tweem.
16. Sekarang coba tes mobil dengan menekan Enter. Jika sudah berhasil tinggal di Save.
Demikianlah tutorial cara membuat animasi bergerak menggunakan macromedia flash 8.Silahkan pelajari step demi step agar pekerjaan dalam membuat animasi  ini lancar. Setelah anda bisa membuat animasi ini mungkin juga akan bisa diterapkan ke bentuk animasi lain. Selamat mencoba semoga berhasil.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR MATEMATIKA

BELAJAR MATEMATIKA Matematika adalah bahan kajian yang mempunyai objek berbagai bentuk dan disusun melalui proses penalaran deduktif, yang mempunyai makna kebenaran suatu konsep didapatkan sebagai akibat logis dari kebenaran yang telah terungkap sebelumnya dan bisa diterima dan dipertanggungjawabkan sehingga ada keterkaitan antara konsep dalam matematika yang bersifat sangat kuat jelas. 1. Kurikulum 2006 “Matematika adalah ilmu universal yang menjadi dasar perkembangan teknologi modern, mempunyai peran yang sangat penting dalam berbagai disiplin ilmu dalam meningkatkan kemajuan daya pikir manusia. Tidak dapat dipungkiri bahwa pesatnya perkembangan di semua bidang serta disiplin ilmu terutama bidang teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini sangat didasari oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan diskrit. Untuk lebih dapat mengusai dan menciptakan teknologi di masa yang akan datang sangat diperlukan penguasaan matematik